Laman

Hal Penting Saat Akan Membeli Rumah

Berdasarkan pengalaman pribadi, ternyata ada hal-hal sepele yang perlu kita perhatikan saat akan membeli atau memilih lokasi untuk Rumah.

Struktur Tanah
Sangat penting mengetahui lahan di lokasi perumahan apakah memang lahan asli atau lahan urukan. Kalau ternyata lahan urukan, pastikan kuat untuk didirikan bangunan diatasnya.










Jauh-dekatnya Lokasi Perumahan Dengan Akses Jalan/Angkutan umum

 Kalau masing-masing anggota keluarga memiliki kendaraan pribadi masing-masing mungkin tidak masalah rumah jauh dari akses angkutan umum. Masalah tentu timbul kalau dalam satu keluarga hanya memiliki satu alat transportasi, yang biasanya digunakan suami pergi kerja. Penting juga untuk memperhatikan ada tidaknya toko yang menjual kebutuhan sehari-hari disekitar perumahan.




Cari Tahu Komunitas Lingkungan Sekitar
Sekiranya kalau ada komunitas yang akan membawa efek tidak baik bagi perkembangan pergaulan anak. Pengalaman pribadi, rumah kreditan pertama (yang sudah kami oper alih) ternyata berdekatan dengan komplek prostitusi. Kami baru mengetahuinya setelah pindah ke rumah tersebut. Ternyata rasanya sangat tidak nyaman, karena setiap kali orang bertanya dimana rumah kami, banyak dari mereka (yang asli penduduk sana) berkomentar  "Oo... yang deket sama daerah **** itu ya....". Atau ada juga yang lebih parah, lokasi rumah berdekatan dengan 'Sarang Maling'.




Fasilitas Air 
Kalau PDAM mungkin tidak masalah, tapi kalau yang tersedia fasilitas sumur bor, perhatikan karateristik tanah di daerah tersebut. Bisa jadi hanya bersifat tadah hujan, saat musim hujan air berlimpah, namun saat kemarau sumur benar-benar kering. Seperti halnya pengalaman kami, sumur yag kami miliki benar-benar bersifat tadah hujan, saat musim kemarau akhirnya kami kesulitan air.

2 komentar:

Fitria A (Griya Hobi) mengatakan...

thx for sharing ki ^^

Kikay mengatakan...

you're welcome..... :D

Posting Komentar