Laman

Tips Seputar Pindahan Rumah

Tips yang ini tentu lagi-lagi berdasarkan pengalaman pribadi saya yang cukup sering pindah rumah.

  • Hal pertama (tapi bukan utama) perhatikan 'kesiapan huni' rumah baru. Sebenarnnya bisa saja pindah dengan kondisi rumah baru masih kurang ini itu (kurang bersih, kurang pasang pompa air, masih bocor sana-sini, dan sejenisnya), tapi bisakah membayangkan betapa repot & lelahnya nanti, menurunkan dan menata barang sambil memperbaiki ini itu.....kayaknya cape dehhh....^^ Saran saya pastikan rumah baru sudah benar-benar siap huni terlebih dahulu sebelum pindah.

  • Packing barang secara teroganisir. Kalau saya biasanya mengelompokan barang berdasarkan kegunaannya (dengan tidak lupa memberi label dikardus). Misalnya satu/dua kardus khusus untuk peralatan dapur, satu kardus lagi untuk buku-buku, lain kardus lagi untuk pernak-pernik, dan seterusnya. Sedangkan kardus untuk pakaian, harus dipisahkan masing-masing anggota keluarga, agar nantinya tidak kerepotan saat membongar pakaian2 kembali ke almari masing2. Saya selalu memulai packing barang 2-3 hari sebelum hari H pindahan. Dimulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kemudian kamar-kamar, setelah itu dapur, yang terakhir adalah kamar mandi

  • Usahakan memulai pindahan pada pagi hari (tentunya ini khusus untuk yang dalam kota). 
  • Cari jasa sewa mobil pick up atau truck yang biasa melayani pindahan (satpam perumahan pada umumnya tau bisa sewa dimana), mereka biasanya pintar mengatur barang2 agar muat sedemikian rupa diangkut sekali jalan,  yang tentunya juga mau bantu-bantu untuk menaik-turunkan barang. Soalnya kadang ada jasa sewa kendaraan yang benar-benar hanya menyewakan kendaraan saja, ga mau toleransi bantuan dikit naik-turunin barang. Buntut-buntutnya kita juga yang nambah biaya untuk ngupah orang.
  • Setelah semua barang naik ke atas kendaraan, kalau memang memungkinkan, ada lebih waktu dan energi, rapikan dan bersihkan rumah lama sebelum ditinggal. Bagaimanapun juga ini adalah manner yang harus kita jaga, manfaat lain biasanya ada aja barang2 sepele tapi penting (seperti selang air, sekop, cetok, dll) yang tertinggal entah dipojok depan/belakang halaman, baru ketahuan setelah bersih-bersih....^.^

  • Begitu kendaraan beserta barang2 sudah tiba dirunah baru, terlebih dahulu turunkan dan tempatkan semua kardus2 (dan perabot2 kecil) di satu sudut ruang yang tidak mengganggu lalu lintas dalam rumah (usahakan jangan kamar). Setelah itu turunkan dan langsung tempatkan perabot2 besar (seperti dipan, lemari, kulkas, sofa, mesin cuci, dll) pada tempat yang sudah direncanakan. Kemudian bersihkan lagi rumah dari kotoran akibat menurunkan, meletakan, dan memasang perabot. Selesai bebersih, ada baiknya break dulu, makan minum secukupnya, selingi dengan mulai menyapa tetangga. Setelah fisik dirasa sedikit fresh kembali, mulai membongkar barang2 dalam kardus untuk diletakan ditempat semestinya. Biasanya ini yang paling banyak menyita energi, soalnya biarpun kecil-kecil tapi banyaakkkk..... :)

  • Setelah rumah dirasa sudah cukup rapi, baru mulai antar-antar buah tangan untuk para tetangga baru. Kalau saya, sesuai adat jawa biasanya hantarannya nasi kotak beserta bubur merah (nyam nyam....)  Setelah selesai hantar-hantar, baru bisa istirahatttt totalll...... Selamat menikmati bubur... eh, rumah baru..... :))



Demikian sekadar tips berdasarkan pengalaman dari saya yang tentunya tiap-tiap orang pasti berbeda pula......

1 komentar - Add Yours

Fitria A (Griya Hobi) mengatakan...

thx for the tips ki. sangat bermanfaat.

Posting Komentar